Posted by : pena alhikam Rabu, 11 Juni 2014



Malang- Setiap bulan suci Ramadhan, Pesantren Mahasiswa Al-Hikam memiliki agenda acara rutin yang melibatkan mayoritas santri PESMA Al-Hikam. Agenda itu adalah Pesantren Ramadhan atau yang biasa disingkat PESROM. Pesrom merupakan sebuah kegiatan yang diikuti oleh peserta didik baik dari tingkat Sekolah Menengah Keatas (SMA) maupun mahasiswa perguruan tinggi selama tiga hari. Kegiatan pesrom meliputi pembekalan materi kepada peserta tentang kepesantrenan, keislamaan, keindonesian dan motivation training. Selain itu juga, ada beberapa kegiatan yang bersifat fun dan edukatif seperti morning fun dan mentoring.
Menurut Aries Jodi, ketua I OSPAM Muhasabah, terhitung dari tahun 2010 tercatat beberapa sekolah dan perguruan tinggi yang mengikuti kegiatan ini. Diantaranya, SMAN 1 dan 3 Probolinggo, SMAN 6 dan 21 Surabaya, dan Universitas Trunojoyo Madura. Dan sangat disyukuri, kata Jodi-panggilan akrab Aries Jodi-, respon dari kegiatan yang dipersiapkan panitia Pesrom ini, menurut kebanyakan peserta sangat menyenangkan dan mendidik. “Mereka anak sekolah yang belum pernah masuk pesantren memiliki paradigma baru dan positif tentang pesantren bahwa pesantren itu tidak hanya monoton mempelajari agama, namun juga terdapat wawasan lain yang lebih luas,” ujar Aries Jodi.
Setiap bulan Ramadhan, kegiatan Pesrom bisa sampai mencapai 3 gelombang. Setiap gelombang berdurasi selama 3 hari. Bahkan, menurut Halim Ahmad Faizin, ketua PESROM tahun 2012, pada Pesrom tahun itu mencapai lima gelombang. Tiga gelombang dari mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dan dua gelombang lainnya dari SMAN 1 dan SMAN 3 Probolinggo. Menurutnya, itulah PESROM paling padat dalam sejarah Pesrom di PESMA Al-Hikam dengan totalitas panitia yang saling bersinergi.
Namun, pada tahun 2014, apakah kegiatan PESROM masih tetap dilaksanakan atau Pesma Al-Hikam akan puasa (absen) dari kegiatan PESROM karena tidak ada sekolah yang menawarkan lembaganya untuk dapat melaksanakan Pesrom di Pesma Al-Hikam. Menurut Aries Jodi, Ketua I OSPAM, kepanitiaan PESROM sebenarnya sudah dibentuk namun permintaan dari beberapa sekolah untuk melaksanakan Pesrom sampai saat ini masih belum ada. “Biasanya Ustadz Nur Cholis sebagai mediator dalam menghubungkan sekolah dengan panitia memberikan informasi terkait pelaksanaan Pesrom, namun sampai sekarang masih belum ada,” ujar Jodi saat dihubungi pada Rabu (11/06).
Pena Al-Hikam juga mengkonfirmasi kepada Ustadz Nur Cholis terkait kegiatan Pesrom ini. Menurutnya, perkiraan kegiatan terbesar rutin tahunan Al-Hikam ini belum dapat terlaksana pada tahun ini. Hal ini, menurutnya, dikarenakan jadwal tahun ajaran baru 2014/2015 tidak sesuai dengan bulan hijriah pada bulan Ramadhan. “Tidak seperti tahun-tahun lalu, tahun ini minggu pertama pada bulan ramadhan, sekolah-sekolah masih melangsungkan liburannya sehingga tidak mungkin Pesrom diadakan pada masa liburan,” ujar ustadz bagian keuangan Pesma Al-Hikam itu.
Selain itu juga, Pena Al-Hikam melihat langsung kalender pendidikan tahun 2013/2014 untuk TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan yang sederajat di website Dinas Pendidikan Jawa Timur. Dalam website itu, tercatat bahwa masa liburan semester dua berlangsung dari tanggal 23 Juni sampai 12 Juli. Sedangkan awal puasa Ramadhan diperkirakan jatuh pada tanggal 29 Juni. Sehingga jika diasumsikan pada awal aktif sekolah, yakni pada tanggal 13 juli, masa itu sudah masuk pada pertengahan bulan Ramadhan.
Ustadz Nur Cholis juga mengatakan bahwa peserta Pesrom biasanya dari kelas I SMA atau sederajat yang notabenenya masih baru dalam mengikuti kegiatan sekolah. Jika dilihat di website PPDB Surabaya, dijelaskan bahwa awal bulan Juli yaitu 3-6 Juli adalah waktu pendaftaran untuk SMAN/SMKN dan awal aktif masuk sekolah adalah tanggal 14 Juli. Sehingga jika dilihat dari jadwal tersebut, memberikan pengertian bahwa kegiatan Pesrom akan sangat sempit jika dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru.
Dari beberapa data di atas, memberikan sekilas sebuah kesimpulan bahwa Al-Hikam Malang akan puasa Pesantren Ramadhan. Dari liputan khusus ini, beberapa santri dapat merencanakan aktivitas lain yang produktif-selain PESROM yang biasanya dilakukan setiap tahun- pada bulan Ramadhan tahun ini. (zul)   

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

- Copyright © Pena Al-Hikam -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -